Senin, 25 April 2016

membuat otak bingung



23 - 24 April kemarin, divisi Club mengadakan CISS (Camping Sehari Semalam) episode 2. Seperti CISS sebelumnya di semester 63, setiap departemen club mempunyai pos yang harus didatangi adik-adik. Di pos - pos tersebut, adik-adik harus memecahkan misi yang berupa games-games menarik. 

Di pos club Pencil kali ini, adik-adik harus mengikuti misi dari kakak pencil yang bernama: membuat otak bingung. Wah game apa nih.. 

nah, adik-adik harus mengikuti permainan stroop! wah gimana tuh? 

di game stroop ini, adik-adik harus membaca warna, bukan teks. Aturannya: Read the color, not the text! jadi nanti adik akan diberikan tulisan dengan berbagai macam warna. Nah, yang harus adik baca keras-keras adalah warna dari tulisannya, bukan tulisan teksnya. misalnya: 




HIJAU


kalau adik melihat tulisan diatas, apa yang harus mereka katakan? Yap, ingat, baca warnanya, bukan teksnya. berarti, bila menemukan kata diatas, adik harus berteriak : "BIRU" bukan "hijau." 


nah terus kenapa bisa bikin bingung? jawabannya karena otak kita itu akan kesulitan bila memproses lebih dari satu info secara bersamaan. Kalau di stroop test ini, otak akan kebingungan yang mana yang harus diproses duluan, informasi tentang warna atau informasi tentang teks? 

Selain mengetes konsentrasi dan melatih otak, stroop test juga menunjukkan kalau tidak mudah (dan malah tidak mungkin) untuk berkonsentrasi pada dua hal dalam waktu bersamaan. Nah karena itu kalau kita mengerjakan sesuatu, kerjakan dulu sampai selesai, baru mengerjakan tugas yang lainnya. 


gimana? terlihat susah atau mudah?



mungkin kalau teksnya pendek akan mudah, tapi kalau teksnya seperti dibawah ini....






 




hayooo berhasil nggak?
selamat mencoba :)






- kak emma -



Tidak ada komentar:

Posting Komentar